Dalam beberapa jenis usaha tentu harus memiliki acuan serta obsesi pada faktor keuntungan, tentu kita harus benar benar mnganalisa serta mempertimbangkan banyak faktor serta kemungkinan yang mungkin akan kita temui sebagai tahapan maupun kendala dalam setiap usaha.

Dalam melakukan usaha peternakan pun kita harus memiliki perencanaan yang cukup matang untuk memulai usaha di bidang ini , banyak sekali faktor yang menjadi pertimbangan dalam memiliki usaha peternakan kambing etawa namun setidaknya kita mulai dengan beberapa tahapan dari persiapan, pelaksanaan, produksi, hingga evaluasi

Dalam setiap pelaksanaan semua usaha atau anggaplah sebuah project tentu kita harus mempersiapkan banyak hal ,untuk memulai kegiatan beternak kambing etawa kita haruslah mempersiapkan lokasi yang akan kita gunakan sebagai tempat untuk beternak kambing etawa ,

Dalam menentukan lokasi kitapun tidak boleh gegabah mengingat kondisi keamanan, cuaca, suhu udara serta faktor kelembapan juga di butuhkan pengamatan yang cukup serius dalam hal ini .

Faktor lain yang tak kalah pentingnya adalah keberadaan lokasi beternak yang berlokasi di pemukiman sebaiknya di hindari sebab dalam jumlah ternak yang banyak tentu akan menimbulkan polusi maupun beberapa penyakit .

Selain Faktor Lokasi beternak kita juga harus membekali persiapan pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk beternak kambing etawa .

Pada  tahap berikutnya adalah  pembangunan kandang sedangakan untuk pembangunan kandang yang terpenting adalah melilihat secara utuh fungsi kandang sebagaimana saya tulisakan dalam kandang kambing etawa ,sedangkan untuk ukuran pembangunan kandang tentu harus mempertimbangkan berapa jumlah kambing yang akan kita pelihara .

Setelah pembuatan kandang tentu kita juga harus mempersiapkan ketersediaan pakan ternak ,lahan pakan ternak juga harus kita persiapkan dengan menanam beberapa hijauan makanan ternak ,sedangkan jenis makanan ternak anda boleh melihat pada tulisan saya tentang hijauan makan ternak.

Setelah tahapan kita memiliki lokasi untuk kandang dan memiliki lahan pakan ternak yang sudah di perhitungkan untuk jumlah yang cukup memenuhi kebutuhan kambing etawa barulah kita memulai pembelian bibit kambing etawa, yang kemudian kita lanjutkan dengan memelihara kambing etawa serta merawat lahan pakan ternak.

Setelah tahapan tahapan itu kita lalui kemudian mulailah mempelajari serta membuat analisa laba rugi yang bisa kita buat dalam beberapa hitungan dengan jumlah kecil dengan waktu yang pendek ,atau jumlah menengah dengan waktu yang agak panjang,kemudian kita akan dapat memperhitungkan dengan baik kelayakan usaha yang kita buat tersebut

Selamat beternak mari sukses untuk bersama